Menikmati Keindahan Candi Ijo Yang Cantik Di Atas Bukit

Menikmati Keindahan Candi Ijo Yang Cantik Di Atas Bukit

Kawasan Yogyakarta di bagian timur memang kaya dengan bangunan-bangunan candi yang bersejarah, mulai dari yang megah hingga yang kecil nan indah. Namun banyak orang yang hanya mengenal Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko saja, padahal ada banyak candi-candi tersembunyi lainnya yang indah dan layak untuk dieksplor. Salah satunya yaitu Candi Ijo, yang keindahannya begitu mempesona dan berada diatas ketinggian. Candi Ijo ini dibangun kurang lebih pada abad ke-9, dimana letaknya berada di bagian selatan Kompleks Candi Ratu Boko. Bangunan Candi Ijo ini berdiri dengan gagahnya di lereng bukit, sehingga menjadikannya sebagai candi yang lokasinya tertinggi di Kota Yogyakarta. Sehingga dari teras candi saja, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan yang begitu menakjubkan. Mulai dari pemukiman penduduk dan perladangan yang berada di bawah, pesawat yang hilir mudik dari Bandara Adi Sutjipto, Gunung Merapi, dan tentu saja pemandangan senja yang begitu menawan.

Lokasi Dan Rute Menuju Candi Ijo

Candi Ijo berada di Dukuh Groyokan, Ds. Sambirejo, Kec. Prambanan, Sleman. Lokasi Candi Ijo ini berada di ketinggian 410 mdpl sehingga akses menuju Candi Ijo memang terbilang cukup menantang. Rute yang bisa anda gunakan jika anda datang dari kota Solo, anda bisa menggunakan rute Jl. Raya Prambanan-Piyungan. Setelah anda melewati Istana Ratu Boko, kemudian belok ke sebelah kiri mengikuti papan arah. Nantinya Candi Ijo berada di sebelah kiri jalan. Sedangkan bagi anda yang berasal dari Kota Yogyakarta, anda bisa menggunakan rute Jl. Jogja-Solo sampai nantinya ke pertigaan Candi Prambanan. Nantinya anda bisa belok ke arah kanan memasuki Jl. Prambanan-Piyungan. Lurus terus hingga nantinya anda menemukan papan menuju Candi Ijo.

Wisata Candi Ijo

Jalan untuk menuju wisata Candi Ijo memiliki tanjakan yang cukup caram, namun hanya dapat dilewati dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Sehingga sangat disarankan bagi anda yang akan mengunjungi Candi Ijo untuk memeriksakan kendaraan terlebih dahulu sebelum menuju tempat wisata. Jalanan menuju Candi Ijo memang terbilang cukup baik, meskipun di beberapa titik ada jalanan yang berlubang dan bergelombang. Jarak Candi Ijo dari pusat kota Yogyakarta sekitar 19 km dan bisa ditempuh dalam waktu 50 menit.

Naswa Wisata : Melayani paket wisata ke jogja, sewa mobil jogja dan sewa bus di jogja.

Hubungi Kontak Kami

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Untuk harga tiket masuk Candi Ijo juga terbilang sangat terjangkau. Bagi pengunjung yang masuk hanya dikenakan biaya Rp 5.000/orang. Dan bagi yang membawa kendaraan bermotor selain tiket masuk candi ijo dikenakan tambahan biaya Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Untuk masalah fasilitas yang tersedia di Candi Ijo sebenarnya sudah dapat dikatakan cukup baik, hanya saja butuh pengembangan lebih lanjut. Fasilitas yang sudah tersedia dalam kompleks Candi Ijo ini meliputi pos penjagaan yang nantinya bisa memberikan pengunjung informasi lengkap mengenai Candi Ijo, mulai dari sejarah, proses penemuan dan pemugaran Candi Ijo dan masih banyak lainnya. Selain itu sudah terdapat pos satpam, mushola, toilet hingga warung makan yang menjajakan makanan dan minuman.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Dan bagi pengunjung yang berencana mengunjungi Candi Ijo, tentunya perlu tahu mengenai Jam operasional dari Wisata Candi Ijo ini. Jam buka Candi Ijo mulai dari pukul 06.00-17.30. Dan untuk waktu terbaik mengunjungi Candi Ijo ini adalah pada saat sore hari. Selain kondisinya tidak terlalu panas, anda bisa melihat pemandangan yang begitu mempesona. Karena lokasinya yang berada di atas bukit, anda bisa menyaksikan pemandangan sunset dari atas ketinggian.

Mengunjungi tempat wisata Candi Ijo, anda bisa mendapatkan pemandangan alam yang begitu indah dan mungkin tidak bisa anda temukan pada komplesk Candi lainnya. Jika anda menghadap ke barat dan kea ah bawah, bisa dilihat pemandangan pesawat yang sedang landing maupun take off dari Bandara Adisutjipto. Pemandangan tersebut bisa dijumpai dikarenakan Pegunungan Seribu dimana Candi ini berdiri adalah batas bagian timur dari Bandar. Dan karena keberadaan Candi Ijo inilah, landasan bandara Adisutjipto tidak dapat diperpanjang ke bagian timur.

Menyelusuri Candi Ijo ini akan memberikan anda banyak pengalaman seru, tak hanya bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Candi. Anda juga bisa melihat karya-karya hebat yang memiliki makna mendalam pada setiap relief yang terukir di dinding Candi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PROMO Liburan Jogja? Chat via Whatsapp