Menjelajahi Sejarah Di Candi Kalasan, Candi Budha Tertua Di Kota Jogja

Menjelajahi Sejarah Di Candi Kalasan, Candi Budha Tertua Di Kota Jogja

Jika berbicara tentang wisata murah meriah yang ada di Yogyakarta, maka Candi Kalasan merupakan salah satunya. Harga tiket masuk ke wisata Candi Kalasan memang terbilang murah. Letaknya yang berada di pinggir jalan juga membuatnya mudah untuk ditemukan. Namun diluar dari semua itu, Candi Kalasan adalah candi umat Budha yang tertua di Kota Jogja. Bangunan candi ini dibangun pada tahun 778 Masehi. Candi kalasan merupakan sebuah vihara serta bentuk penghormatan terhadap bodhisattva wanita dengan nama Tarabhawana atau yang dikenal sebagai Dewi Tara.

Bentuk Bangunan Candi Kalasan

Wisata Candi Kalasan adalah Candi Budha tertua yang ada di Kota Jogja. Meskipun termasuk candi umat Budha, namun candi ini memadukan antara kerajaan Budha dan Hindu. Candi Kalasan ini juuga dikenal dengan Candi Kalibening yang dibangun oleh Rakai Panangkaran yang berasal dari Dinasti Sanjaya. Candi Kalasan ini memiliki 52 Stupa. Pada awalnya hanya terdapat Candi Kalasan saja, namun setelah digali lebih dalam ada banyak candi lainnya yang berada di sekitarnya. Selain Candi Kalasan serta bangunan lainnya, terdapat 3 candi kecil yang berada dalam ruang utama di Candi Kalasan dengan bentuk stupa.

Wisata Candi Kalasan

Bentuk candi Kalasan persegi namun belum sempurna. Ada banyak bagian-bagian di dalam candi yang memang belum lengkap. Ada 4 bilik di dalam Candi Kalasan yang tidak boleh untuk dimasuki pengunjung. Pada bagian atap dan tubuh candi dihias dengan berbagai ukiran-ukiran yang indah. Terdiri dari sulur-sulur, relung-relung, dagoba-dagoba, arca-arca budha, dan arca gana, yang merupakan manusia kerdil dengan perut buncit yang biasanya sering memikul barang.

Dan salah satu bagian yang menarik di dalam Candi Kalasan adalah pada bagian tembok yang berada di sisi luar candi, yang dinamakan Bajralepa. Bajralepa merupakan semacam plester atau lapisan yang terdapat pada ukiran batu halus. Lapisan yang semacam vernis ini dilapiskan pada batu dengan ukiran-ukiran rumit yang bentuknya menyerupai motif batik. Bajralepa akan menyala dan memantulkan sinar bulan, terutama ketika bulan purnama tiba

Selain itu Candi Kalasan juga memiliki Patung Dewa yang cukup menarik perhatian. Patung dewa tersebut bentuknya berdiri tegak sambil membawa bunga teratai. Keberadaan tahta yang berbentuk singa, menambah keindahan tersendiri dari Patung Dewa tersebut. Sehingga patung dewa ini menjadi spot terbaik untuk berfoto.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Kalasan

Lokasi dan Rute Menuju Candi Plaosan

Candi Kalasan sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi karena lokasinya yang berada di pinggir jalan. Memudahkan anda untuk sewaktu-waktu mengunjunginya ketika melewati Jl. Jogja-Solo. Lokasi Candi Kalasan ini berada di Desa Kalibening, Tirtamani, Kab. Sleman, Yogyakarta. Kurang lebih berjarak 16 km dari kota Yogyakarta. Dan ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 30 menit saja. Untuk rute menuju Candi Kalasan juga mudah, jika anda berangkat dari kota Jogja. Anda bisa ke arah utara hingga melewati Jl. Mas Suharto Jambu. Kemudian ikuti saja jalan tersebut hingga menuju Jl. Tukangan ke arah timur terus hingga ke Jl. Kusbini. Setelah itu mengarah ke utara hingga sampai ke perempatan dan setelah itu ke timur menuju Jl. Laksda Adisucipto. Ikuti saja jalan tersebut hingga nantinya anda menuju Candi Kalasan.

Harga Tiket Masuk Candi Kalasan

Bagi pengunjung yang datang dan ingin menikmati wisata sejarah Candi Kalasan, anda bisa membayar harga tiket masuk Candi Sambisari sebesar Rp 5.000/orang untuk wisatawan domestic. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya lebih besar Rp 10.000/orang. Ditambah lagi jika anda membawa kendaraan pribadi, anda perlu menambah biaya parkir Rp 10.000 untuk mobil kecil dan Rp 20.000 untuk bus Untuk masalah fasilitas yang ada di Candi Kalasan, terbilang cukup terbatas karena memang masih dalam tahap pengembangan. Namun sudah tersedia area parkir dan toilet umum bagi pengunjung yang datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PROMO Liburan Jogja? Chat via Whatsapp